Home » Visa » Membuat Visa Schengen Perancis

Meskipun pada saat kita mengajukan pembuatan visa schengen persyaratan dan formulirnya sama, tetapi tiap negara schengen memiliki prosedur yang sedikit berbeda dalam hal permohonan visanya. Mohon hal ini agar menjadi perhatian buat para traveller yang ingin mengajukan visa dari kedutaan Perancis. Mohon juga agar dicermati situs kedutaan negara yang bersangkutan. Sekarang ini kita tidak bisa lagi langsung apply lewat kedutaan Perancis langsung tetapi sekarang, semua application pembuatan visa harus diajukan melalui TLS Contact (kecuali kalau kalian adalah pemegang paspor diplomatik).

 

Persyaratan yang diperlukan :

  • Kita bisa download langsung dari website resmi kedutaan agar kita bisa mendapatkan formulir yang up to date. Download dari TLS Contact. Atau, bisa juga langsung registrasi di situs TLS Contact. Setelah mengisi data pribadi, formulirnya akan terisi secara otomatis dan tinggal kita download dan kemudian dicetak.
  • Pas foto 2 (Dua) lembar dengan ukuran 3.5 x 4.5 cm, berlatar belakang warna putih, dan diambil tidak lebih lama dari 6 bulan terakhir.
  • Tiket pulang-pergi. Cukup booking / reservasi aja kalau takut hangus.
  • Asuransi perjalanan. Polis asli dan 1x fotokopi. Polis harus bernilai paling sedikit EUR 30,000 dan menanggung keseluruhan jadwal perjalanan. Selain itu, polis juga harus bisa menanggung: biaya penanganan medis gawat darurat, biaya rumah sakit gawat darurat, dan repatriasi / evakuasi medis. Polis harus bisa mengcover seluruh daerah schengen.
  • Reservasi hotel selama perjalanan di Eropa sampai kita kembali lagi ke Indonesia.
  • Rekening Koran bank. Minimal untuk tiga bulan terakhir. Banyak yang bilang bahwa jumlah saldo minimal harus x atau y. Sebenarnya tidak ada ada patokan khusus, tapi yang penting bisa menutupi biaya perjalanan kita selama di Eropa, maksudnya untuk menunjukkan kalau kita tidak menjadi gelandangan selama di Eropa.
  • Pasport asli beserta fotokopi semua halaman paspor yang berisi data pribadi (dicopy rangkap 2). Paspor harus berlaku untuk minimal 6 bulan setelah visa yang diajukan (contoh: kalau minta visa untuk 01-03-2018 – 10-03-2018, maka masa berlaku passport minimal sampai 10-09-2018). Dan dipastikan juga masih ada minimal dua halaman kosong untuk visa.
  • Pasport lama. Kalau kalian memiliki pasport lama apalagi memiliki koleksi visa didalamnya, harus dibawa yang asli beserta fotokopi semua halaman yang berisi data pribadi (rangkap 2).
  • Kalau kalian masih berstatus mahasiswa, Surat keterangan kuliah. Bawa surat asli beserta 1x fotokopi.
  • Buat yang sudah bekerja, mintalah Surat keterangan kerja dari perusahaan tempat kalian bekerja. Isi suratnya harus menyertakan: nama lengkap, tanggal mulai kerja, gaji per bulan, pernyataan telah memberi izin untuk cuti / libur, serta siapa yang akan menanggung biaya kalian selama liburan.
  • Selain itu, pastikan suratnya juga ada: alamat, no. telepon, dan cap perusahaan, beserta tanda tangan, nama, dan jabatan penulis surat.
  • Slip gaji 3 bulan terakhir (tidak wajib) tapi bila dari perusahaan tempat kalian bekerja bisa mengeluarkan slip gaji tidak ada salahnya untuk dilampirkan juga..

 

Hal-hal yang harus diperhatikan :

  • Kalau di antara dokumen-dokumen di atas ada yang bukan dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Perancis, lebih baik bila di terjemahkan dahulu semuanya ke dalam Bahasa Inggris atau ke dalam Bahasa Perancis. Kalau mau amannya sih, pastikan semua dokumen original dari awal memang sudah disiapinnya dalam Bahasa Inggris. Kalau tidak ya bisa pakai penerjemah resmi.
  • Permohonan visa schengen bisa diajukan paling cepat tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan.

 

Prosedur pengajuan visa:

  • Registerasi langsung dengan TLS Contact di sini. Setelah mengisi e-mail dan membuat password, kita akan menerima link konfirmasi yang dikirim ke e-mail tadi. Jadi langsung aja check e-mail dan klik linknya itu.
  • Isi data pribadi dan jangan lupa diperiksa kembali. Isi formulir ini kurang lebih sama seperti formulir permohonan visa. Setelah yakin semua informasi benar, langsung klik “done” kemudian jangan lupa di-validate. Ohya, kalau kalian travelling bersama keluarga / kelompok, itu harus di-registerasi bersamaan, jadi jangan validate sebelum semua anggota kelompok sudah disertakan sebagai applicant.
  • Setelah selesai validasi, akan muncul pilihan tanggal dan waktu untuk menyerahkan berkas-berkas ke TLS Contact. Tinggal pilih jadwal yang sesuai, konfirmasi appointmentnya akan dikirim dan jangan lupa di-print dan bawa saat datang ke TLS Contact sebagai bukti appointment.
  • Jangan lupa bawa uang untuk visa fee PLUS service fee, karena akan dibayar saat appointment. Daftar biaya visa beserta service fee-nya dapat dilihat di sini.

 

# Share this information with your friends

Written by

More Than 17 years experiences and responsible for all financial strategies as Finance & Accounting Manager. Besides that I'm freelancer Tour Leader.

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.